Wapres Ingatkan ASN untuk Netral dan Profesional Jelang Pemilu 2024
Wapres Ingatkan ASN untuk Netral dan Profesional Jelang Pemilu 2024
Selasa, 30 Mei 2023 15:02 WIB | 671 views

Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN) untuk bersikap netral dan profesional dalam menjalankan tugas, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dilansir dari Kompas.com, hal ini disampaikan Maruf Amin saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian secara virtual, Selasa (30/5/2023).

"Dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada 2024, ASN agar senantiasa menjunjung sikap netralitas dan profesional dalam menunaikan tugas-tugas birokrasi sesuai peran dan tanggung jawabnya," kata Maruf Amin dikutip dari keterangan video, Selasa.

Ma'ruf Amin juga mengingatkan agar ASN memiliki peran strategis sebagai perekat dan pemersatu bangsa.


Lebih lanjut, dalam kesempatan tersebut, Maruf Amin menekankan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), utamanya kualitas kepemimpinan ASN mesti diperhatikan.

Ia mendorong manajemen talenta dapat menjadi instrumen efektif untuk memilah dan memilih calon-calon pemimpin di berbagai tingkatan organisasi.

"Talenta-talenta terbaik ini juga harus diciptakan secara terukur dari waktu ke waktu, sehingga keberadaannya akan berkesinambungan," ujar Maruf Amin.

Ia lantas menyampaikan sejumlah pesan kepada kementerian, lembaga, dan kepala daerah untuk mendorong kebijakan manajemen talenta.


Pertama, pemangku-pemangku kepentingan mesti memperkuat langkah kolaborasi dalam mewujudkan peta jalan kebijakan manajemen talenta nasional.

"Petakan kendala yang dihadapi dalam empat tahun terakhir ini, baik di level nasional maupun daerah, serta di setiap instansi yang beragam ekosistemnya," katanya.

Kedua, rumuskan langkah-langkah konkret yang bersifat terobosan, terutamanya di aspek regulasi yang sekiranya belum selaras dengan penerapan manajemen talenta di semua tingkatan.

Ketiga, membekali para talenta birokrat yang telah dipetakan dan dibina secara khusus dengan visi dan semangat pencegahan dan pemberantasan korupsi, serta pola hidup sederhana.



Berikan Komentar Via Facebook